Perbedaan Tas Ransel dan Tas Rucksack

Pastinya kita sudah mengetahui apa itu tas ransel, yakni tas yang paling umum ditemui yang dibawa dipunggung dan diselempangkan ke dua tangah dengan 2 buah tali panjang yang melewati bahu. Biasanya tas ransel dipakai sebagai tas sekolah dan tas kerja, terutama untuk membawa laptop.

Lalu sekarang bermunculan lagi dipasaran, tas yang dikenal dengan sebutan rucksack. Apa bedanya tas rucksack dan tas ransel?

Berikut akan saya jelaskan perbedaan kedua buah tas itu.



1. Tas Ransel

Bahasa Inggris ransel adalah backpack, kata backpack mulai dikenal di Amerika sejak tahun 1910. Kata ini digunakan untuk menyebut benda yang digunakan untuk menampung benda lainnya dan dibawa dibelakang punggung.
Pada awalnya tas ransel menggunakan sistem serut karena pada saat itu belum dikenal sistem seleting, tapi sejak sistem seleting dikenal maka tas ransel memakai seleting.

2. Tas Rucksack

Kata rucksack berasal dari bahasa Jerman, kata ini biasanya dipakai oleh tentara UK dan Jerman. Dalam bahasa Jerman, 'der Rucken' artinya adalah punggung, dan sack artinya adalah tas. Jadi kata rucksack berasal dari situ.
Tas rucksack menggunakan sistem serut dan ini memang berbeda dengan tas ransel / backpack yang berasal dari Amerika. Pada awal 1900-an di Eropa sedang perang, jadi sistem tas punggung yang ada disana adalah sistem serut. Kenapa menggunakan sistem serut bukan resleting? karena untuk memudahkan mengambil barang saat berperang, selain itu karena dibawa dimedan yang sangat kotor, membuat resleting bisa cepat karatan dan macet, oleh karenanya tas sistem serut jadi pilihan utama.
Oleh karenanya tas punggung sistem serut disebut dengan kata rucksack. Maka jadilah tas rucksack yang sering diidentikkan dengan tas vintage alias model tas jaman dulu, karena memang tas ini menjadi pilihan utama pada masa perang  


sumur

ORDER / INFO :

Chat WhatsApp