Jenis bahan kaos yang biasanya digunakan terbilang banyak. Bahan kaos itu adalah katun, cardet, polyester,  TC atau teteron cotton, viscose, CVC atau  cotton viscose dan hyget. Setiap bahan kaos memiliki keunggulan dan kekurangan jika digunakan untuk sablon kaos. Berikut ini penjelasan singkat mengenai sejumlah jenis dari bahan kaos.

bahan kaos polos untuk sablon

Bahan katun combed

Katun combed dibuat dari 100 persen serat kapas alami.  Teksturnya halus, terasa dingin, mudah menyerap keringat dan sangat nyaman dikenakan. Serat benangnya rata dan halus, dengan demikian penampilannya semakin rapi. Terdapat banyak jenis kain katun ini yaitu katun combed 20s, 24s dan juga 30s. Pembedanya adalah dari ketebalan kain itu. Jenis combed 20s biasanya menjadi favorit produsen kaos distro, karena sangat nyaman dikenakan dan harganya paling murah.

Bahan cardet

Serat benang pada kain cardet tidak sehalus kain katun.  Karena kain ini merupakan produk KW1 dari katun combed. Hasil dari rajutannya kurang rata dan halus, sehingga penampilan dari kaos berbahan ini kurang begitu bagus. Karena kualitasnya di bawah kain katun combed, maka harganya pun lebih murah. Pada umumnya kaos berbahan cardet ini digunakan untuk kaos oblong untuk olahraga, seragam buruh pabrik dan sebagainya. Pada umumnya kaos berharga murah menerapkan jenis kain ini, jadi sangat penting saat membeli untuk memperhatikan jenis bahan kaos.

Bahan  polyester

Bahan sintetis ini diproduksi dari bahan ester. Kalau dibandingkan dengan kain katun, kain polyester ini lebih tipis. Selain itu, teksturnya lebih kasar dan tidak dapat menyerap keringat. Dengan begitu kalau dikenakan, kaos berbahan ini terasa  tidak nyaman dan terasa panas.

Bahan Teteron Cotton atau TC

Bahan kaos ini adalah perpaduan antara bahan polyester dan katun. Komposisinya adalah 35 persen bahan katun dan 65 persen dari bahan polyester.  Karena komposisinya masih didominasi bahan polyester, maka bahan TC ini juga tidak mudah menyerap keringan, sehingga kurang nyaman kalau dipakai dalam kondisi suhu ruangan apalagi suhu panas. Kelebihan dari bahan ini adalah tidak mudah kusut dan juga tidak gampang melar, walaupun kaos berbahan TC ini sering dipakai.

Bahan viscose

Nama lain dari kain ini adalah rayon. Teksturnya mirip dengan kapas, umumnya bahan ini diterapkan untuk menambah kenyamanan untuk serat sintetis, termasuk guna meningkatkan tingkat kecerahan warna. Bahan ini tahan pada tingkat kelembaban tinggi, warnanya terlihat sangat cemerlang dan teksturnya terasa lebih lembut daripada kapas. Kain jenis ini memberikan kesan mewah, sehingga produsen menetapkan harga yang terbilang mahal untuk tipe kain ini.

Cotton Viscose atau CVC

Bahan ini perpaduan 45 persen viscose dan 55 persen katun combed. Karena kandungan katunnya besar, maka mudah menyerap keringat.

Bahan hyget

Bahan kaos ini diproduksi dari bahan plastik, sehingga harga bahan ini sangat murah.  Tapi kurang nyaman saat digunakan bahan kaos. Harganya yang sangat murah, sehingga jenis bahan kaos ini lebih banyak digunakan pada kaos untuk kepentingan kampanye saat akan Pemilu.

Cellos Clothes CLOTHING COMPANY © MMXVI | Sablon Kaos Manual Satuan dan Lusinan Bahan Cotton Combad with Ink Rubber Matsui | .

Diberdayakan oleh Blogger.
Customer Service

Hai! Sobat bisa chat di sini untuk sekedar tanya-tanya,
Terima kasih.

Chat on Messenger
.