Sablon discharge adalah sablon yang tintanya dapat menghilangkan warna kaos, dan akan mengganti warna kaos yang sudah hilang dengan tinta yang kita inginkan. Tinta sablon Discharge adalah tinta berbasis air (water based) yang diformulasikan untuk menonaktifkan zat warna yang digunakan pada kain alami.

Teknik sablon discarge lebih banyak diterapkan pada kain katun 100% yang berwarna gelap. Karena jika digunakan pada warna yang terang atau putih, yang akan terjadi adalah warna kaos jadi terlihat seperti dua lapisan di mana warna kaos akan terlihat kusam dan warna sablonnya lebih terang. samping itu, teknik sablon ini tidak cocok digunakan pada kain dengan bahan sintetis misalnya yang mengandung polyester.

Ada beberapa warna kain yang tidak begitu cocok ketika dicabut dan diganti dengan warna tinta misalnya warna biru, ungu, dan juga hijau. Jika memang mau menyablon warna kain putih dengan teknik discarge ini, Anda bisa menggunakan tinta pigmen putih meski hasilnya nanti warna putih pada kain tidak bisa tercabut seluruhnya dan membuat hasil sablon tampak kurang natural.

Kelebihan Sablon Kaos Discharge
  •         Hasil sablon sangat lembut dan rata dengan bahan.
  •         Bahan sablon awet dan bebas luntur apalagi retak.
  •         Warna yang yang di hasilkan lebih alami.
  •         Pengerjaan yang relatif lebih mudah dari teknik yang lain.
  •         Sangat bagus untuk diaplikasikan pada kaos dengan berwarna gelap.
  •         Permintaan pasar semakin tinggi, terutama kaos clothing line.
Kelemahan dari Sablon Discharge
  •         Sulit diapliklasikan pada desain kaos yang full color.
  •         Tidak bekerja dengan baik pada warna hijau, biru dan ungu.
  •         Tidak bisa di aplikasikan pada semua jenis kain.
  •         Warna tinta akan turun 10-30% saat turun cabut pada kaos, tergantung tingkat reaktifitas bahan dan tingkat gelap warna.
Tambahan :
1. Teknik sablon discharge yang pertama harus diperhatikan adalah bahan. Jenis celupan bahan harus reaktif. Maka saat beli bahan ke toko, bilang beli bahan yang raktif. Sebab kalau pewarna kain sulfur hasil discharge tidak akan maksimal dan cenderung gagal.

2. Jenis cat nya bisa pakai extender, lalu diberika obat discharge-nya kalau di Bandung biasa pakai namanya ordoles. Cukup 3 persen. Campurkan dan aduk dengan rata, ingat tinta yang sudah dicampur ordoles hanya mampu bertahan 4 jam untuk hasil yang maksimal

3. Pengeringan saat di meja sablon jangan terlalu kering oleh hairdryer atau hot gan, justru harus cenderung masih basah catnya. System pengeringannya adalah saat cat masih basah lalu hot pres dengan panas 160 derajat selama 30 detik. Dimana obat discharge akan beroksidasi dengan bahan yang reaktif. (berbagai sumber Img:pinterest)






Cellos Clothes CLOTHING COMPANY © MMXVI | Sablon Kaos Manual Satuan dan Lusinan Bahan Cotton Combad with Ink Rubber Matsui | .

Diberdayakan oleh Blogger.
Customer Service

Hai! Sobat bisa chat di sini untuk sekedar tanya-tanya,
Terima kasih.

Chat on Messenger
.